TENTANG KAK OJAN

Kak Ojan Pendongeng
Bagi Kak Ojan, bercerita bukan hanya tentang passion; bukan tentang dirinya sendiri. Lebih dari itu, bercerita merupakan salah satu wujud kepeduliannya terhadap masa depan anak-anak Indonesia, karena dengan mendengarkan dan mengikuti sebuah cerita, anak-anak dapat mengembangkan imajinasi, memperkaya literasi, mengasah kecerdasan, bahkan membentuk karakter yang sangat berguna bagi mereka kelak.

Karenanya Kak Ojan senang sekali telah berbagi cerita dan keceriaan kepada anak-anak di seluruh Nusantara. Mulai dari Aceh, Medan, Batam, Jambi, Bandar Lampung, Ujung Kulon, Yogyakarta, Surabaya, Berau, Paser, Lombok, hingga Timika, Sorong, dan Jayapura. Kak Ojan juga bercerita di banyak tempat di Jakarta dan sekitarnya.
Kak Ojan Pendongeng
Di banyak kesempatan, Kak Ojan tampil bersama beberapa teman bonekanya untuk membuka ataupun menutup penampilan. Salah satunya adalah Jojo. Jojo adalah seekor anak Orangutan yang gesit, energik, selalu ingin tahu, namun agak sedikit jahil. Menggunakan teknik ventriloque dalam aksinya, Kak Ojan dan Jojo membuat anak-anak tertawa terpingkal-pingkal dan siap mendengarkan cerita hingga selesai.

Kak Ojan & guru-guru di Jayapura

Selain mendongeng atau bercerita, Kak Ojan kerap diundang sebagai trainer pada pelatihan-pelatihan kependidikan dasar, maupun sebagai narasumber di beberapa seminar, sharing session, maupun acara-acara lain yang berkaitan dengan dunia anak.

Kak Ojan Pendongeng - Mitra
Sampai saat ini, sudah banyak pihak yang bekerjasama dengan Kak Ojan untuk kegiatan bercerita atau mendongeng dan pelatihan-pelatihan kependidikan dasar. Perorangan, sekolah-sekolah, komunitas-komunitas, lembaga-lembaga sosial keagamaan, hingga perusahaan-perusahaan melibatkan Kak Ojan dalam rangkaian acara mereka yang berkaitan dengan anak-anak dan pendidikan. Kak Ojan yakin ini merupakan salah satu bukti semakin banyaknya pihak-pihak yang menyadari betapa pentingnya pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia.

Kak Ojan & anak-anak Rohingya di Aceh

Dalam dunia sosial dan kerelawanan, Kak Ojan aktif dalam Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan atau GEPPUK, dan diberi amanah sebagai Ketua GEPPUK periode 2015 - 2017. Bersama puluhan Pendongeng lain, Kak Ojan turut mendongeng di daerah-daerah Bencana seperti Bencana Erupsi Gunung Sinabung di Sumatera Utara, Kamp Pengungsian Imigran Rohingya di Lhoksukon dan Kuala Langsa, NAD, dan Bencana Kabut Asap di Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Selain itu, Kak Ojan juga turut aktif mendongeng dalam mengampanyekan Mudik Ramah Anak, Gerakan #AyahBercerita, Stop Kekerasan Pada Anak, dan kampanye-kampanye lain sebagai wujud nyata tanggung jawab dan kepedulian para Pendongeng GEPPUK untuk keceriaan anak-anak Indonesia.

Pelatihan Guru Gemar Bercerita

Sejak April 2016, Kak Ojan bersama rekan-rekan membuat program pelatihan baru untuk guru-guru tingkat Sekolah Dasar yang diberi nama Pelatihan GURITA | Guru Gemar Bercerita. Kurikulum Pelatihan GURITA dirancang sedemikian rupa menyesuaikan kebutuhan guru dalam kepengajaran.

Program ini telah diujicobakan kepada 55 guru di Bogor, Jakarta, dan Tangerang, yang dibagi ke dalam 3 angkatan, dan pada akhir tahun 2016 akan segera diluncurkan menjadi sebuah program kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendorong peran aktif sektor industri dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Bekerjasama dengan Dompet Dhuafa, Komunitas Filantropi Pendidikan (KFP), serta Pusat Belajar Anti Korupsi (PBAK), pada September 2016 lalu Program GURITA berpartisipasi mengadakan Pelatihan mendongeng khusus guru dengan tema "Aku & Indonesia" pada dua tempat yang berbeda yakni di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, dan di Tigaraksa Kab. Tangerang, Banten.




TESTIMONI      |      VIDEO      |      FOTO      |      KONTAK