Edukasi Bencana Tsunami di Ujung Kulon

Kak Ojan & BNPB Edukasi Bencana di Ujung Kulon

[LATE POST]
Sampai juga Kak Ojan di tempat paling ujung Barat bawah pulau Jawa, dimana lagi kalau bukan di Ujung Kulon, Pandeglang, Provinsi Banten. Perlu waktu sekitar 11 jam perjalanan menggunakan mobil hingga kami rombongan dari Jakarta tiba di sana. Sabtu, 30 Juli 2016.

Kali ini, Kak Ojan membantu kakak-kakak BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) untuk mengedukasi anak-anak 6 sekolah dasar di Kec. Sumur tentang Bencana Alam Tsunami. Mulai pengenalan apa itu Tsunami, berapa tinggi gelombangnya, apa saja tanda-tanda akan terjadi Tsunami, dan yang tidak kalah penting apa yang harus dilakukan adik-adik ketika mengetahui ada tanda-tanda Tsunami.

Edukasi ini dipilih karena memang anak-anak dan masyarakat disana tinggal di pesisir pantai yang katanya berpotensi Tsunami. Dan alhamdulillah, adik-adik disana sudah cukup mengenal tentang Tsunami. Di desa mereka juga sudah ada rambu-rambu evakuasi jika Tsunami datang.

Salah satu kelebihan edukasi bencana menggunakan metode bercerita atau mendongeng adalah, selain anak-anak diberikan informasi yang mereka perlukan, anak-anak juga diharapkan mendapatkan nilai-nilai moral seperti keberanian sehingga mereka tidak takut dengan Tsunami (dengan berbagai info potensi kerusakan bahkan kematian yang bisa disebabkan Tsunami), tapi malah memiliki sikap waspada dan saling melindungi. Tidak lupa juga untuk selalu meminta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Melindungi.

Melalui bercerita, Kak Ojan juga mengajak anak-anak untuk cinta dengan lingkungan mereka. Semoga adik-adik di Kec. Sumur, Ujung Kulon semakin tangguh, siaga, dan cinta dengan alam ya.

"Kenali Bahayanya, Kurangi Resikonya..."

Kak Ojan & BNPB Edukasi Bencana di Ujung Kulon

Kak Ojan & BNPB Edukasi Bencana di Ujung Kulon

Bagi yang penasaran Cerita apa yang Kak Ojan bawakan dan bagaimana serunya anak-anak menyimak cerita, silahkan klik gambar di bawah ini.

Video Kak Ojan mendongeng di Ujung Kulon


Artikel terkait:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar