Mendongeng & Biblioterapi

Kak Ojan Mendongeng di Rumah Sehat Terpadu DD

Ada kabar gembira nih buat yang rajin membaca buku. Konon kabarnya, membaca buku dapat menjadi salah satu terapi mempercepat proses kesembuhan dari sakit fisik maupun psikis. Namanya Biblioterapi. Terapi dengan buku.

Seperti halnya mendengarkan cerita/dongeng dapat mendorong kesembuhan atau pemulihan, membaca buku juga ternyata dapat memberikan efek positif bagi orang yang sedang sakit. Asalkan buku bacaannya dipilih sedemikian rupa menyesuaikan kecocokan dengan kondisi pembacanya dan mempunyai ending penyelesaian yang baik pula.

Kak Ojan sih bukan ahli Biblioterapi, hanya kemaren (19/08) Kak Ojan diminta untuk mendongeng dalam acara Launching Program Biblioterapi PSB Makmal Pendidikan Dompet Dhuafa bekerjasama dengan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa (RST DD), Parung, Bogor.

Kegiatan mendongeng dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, Kak Ojan mendongeng untuk anak-anak di Ruang Rawat Inap Anak. Di ruangan yang didesain sangat berwarna ini, Kak Ojan mendongeng untuk 5 orang anak yang sedang sakit dan salah satu tangan mereka diinfus.

Kak Ojan Mendongeng di Rumah Sehat Terpadu DD

Kak Ojan Mendongeng di Rumah Sehat Terpadu DD

Kak Ojan Mendongeng di Rumah Sehat Terpadu DD

Sesi kedua, Kak Ojan diminta memberikan cerita motivasi kepada 6 pasien dewasa berusia lanjut di ruang Cuci Darah. Sedangkan di sesi terakhir, Kak Ojan mendongeng di Aula Serbaguna untuk anak-anak dan orang tua yang sedang antri menunggu giliran pemeriksaan.

4 boneka kecil menemani Kak Ojan mendongeng dan memberikan keceriaan kepada anak-anak di Rumah Sehat Terpadu DD. Kura-kura, Monyet, Gajah, dan Singa, mereka senang sekali bisa ikut mengukir senyum dan tawa di wajah anak-anak yang semangat untuk lekas sembuh.

Kak Ojan Mendongeng di Rumah Sehat Terpadu DD

Di akhir sesi, Kak Ojan mengajak para orang tua meluangkan waktu mereka untuk mendatangi Pojok Baca yang sudah disediakan di beberapa titik di RST, menemani anak mereka membaca buku, atau membacakan buku untuk anak-anak mereka. 

Semoga lekas sehat dengan membaca buku ya, Adik-adik...
Semakin sehat, semakin cerdas... :)




------
Artikel terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar