Hati-Hati: Ini Dampak Dari Mendongeng

Kak Ojan Pendongeng GEPPUK di Aceh

Banyak sekali cerita menarik seusai mendongeng di suatu tempat. Salah satu yang paling menyenangkan adalah menemukan pengaruh yang langsung dialami oleh anak-anak selepas mendengarkan dongeng dari Kak Ojan.

Pernah suatu hari, ketika Kak Ojan dkk. sebagai Pendongeng GEPPUK (Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan) berangkat ke Aceh untuk menghibur anak-anak pengungsi Rohingya, Kak Ojan diberi kesempatan untuk mendongeng untuk anak-anak Aceh di sebuah Sekolah Dasar Negeri.

Karena beberapa hari lagi bulan Ramadhan, Kak Ojan memutuskan untuk menyampaikan hikmah berpuasa melalui cerita "Ulat Yang Berpuasa". Tidak hanya mendengarkan Kak Ojan bercerita, puluhan anak di ruangan itu ikut berperan dalam cerita itu. Dengan jari telunjuk masing-masing, anak-anak diajak Kak Ojan memeragakan cara ulat berjalan, naik ke atas pohon, terayun-ayun ditiup angin, dan ikut berpuasa sebagai kepompong dengan menelungkupkan kepala ke meja sembari memejamkan mata.

Di akhir cerita, semua anak mengepakkan kedua tangannya layaknya ulat yang sudah berubah menjadi kupu-kupu. Seru sekali!

Nah... ketika seluruh rangkaian acara selesai, kami diundang untuk minum bersama di ruangan Kepala Sekolah. Tiba-tiba ada seorang Ibu Guru datang menghampiri Kak Ojan dan berkata:

"Gara-gara Kak Ojan nih, anak saya yang gak pernah mau puasa, tadi langsung nagih besok katanya mau puasa. Padahal besok kan belum Ramadhan, Kak." ujar Bu Guru berkelakar.

Hahaha!


Foto bersama seusai mendongeng

Kak Ojan senang sekali mendengar apa yang Bu Guru tersebut utarakan. Ditambah lagi di hari-hari berikutnya Kak Ojan berada di Aceh, anak Bu Guru tersebut (yang rumahnya dekat dengan tempat Kak Ojan menginap) bersama teman-temannya menagih minta didongengin setiap hari oleh Kak Ojan. Alhasil, setiap kali Kak Ojan dan teman-teman pulang dari pengungsian Rohingya, Kak Ojan harus mendongeng kembali untuk anak-anak hebat Aceh di Lhoksukon.

Jika Kak Ojan saja bisa, para orangtua pun tentu bisa. Yuk mendongeng untuk anak-anak di rumah! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar