Kak Ojan di Seminar Parenting SD - SMP Dinamika Umat

Kak Ojan Pendongeng

Untuk ketiga kalinya Kak Ojan diundang untuk hadir di SD - SMP Dinamika Umat, Bogor. Bukan untuk mendongeng, tapi kali ini Kak Ojan dipercaya untuk mengisi Seminar Parenting dalam rangkaian Acara Halal Bi Halal Bersama Orangtua Murid dengan Tema "Sinergitas Mendidik Antara Orangtua di Rumah dan Guru di Sekolah".

Dalam seminar tersebut, Kak Ojan mengajak para orangtua untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi anaknya di rumah, salah satunya adalah dengan bercerita atau mendongeng. Kak Ojan juga berbagi berbagai manfaat dan teknik yang menarik dalam bercerita.

Seminar ditutup dengan pertanyaan dari salah satu Ibu yang meminta tips bagaimana mendongeng untuk anaknya yang sudah duduk di kelas 6 SD, yang dijawab Kak Ojan dengan beberapa tips berikut.

Pertama, pilihlah cerita yang sesuai dengan usia anak. Jika anak tidak tampak tertarik dengan cerita sederhana seperti fabel Aesop, carilah cerita dengan alur dan konflik yang lebih rumit. Misalnya cerita karangan Brother Grimm. Untuk muslim, cerita-cerita Nabi Muhammad dan para sahabat selalu cocok untuk semua usia.

Kedua, sesuaikan cara bercerita. Jika anak sudah terlanjur 'dewasa' dan tidak tertarik dengan gimmick lawakan, orangtua dapat bercerita dengan cara bertutur biasa. Hal itu malah menjadi lebih mudah.

Ketiga, libatkan anak dalam cerita. Biarkan cerita mengalir, anak dapat memotong dengan menebak, bertanya, membantah cerita yang disampaikan sehingga lebih komunikatif, dan jika perlu, serahkan cerita tersebut kepadanya.

Keempat, jangan pernah ragu. Berapa umur Anda? Apakah Anda suka mendengarkan cerita? Ya! Semua orang suka mendengarkan cerita, termasuk anak kelas 6, anak SMP, SMU, maupun mahasiswa. Ketika kita ingin bercerita, maka berceritalah. Jangan ragu-ragu.

Kak Ojan Pendongeng Ventriloquist
Kak Ojan dan Nunu si Burung Nuri


Sumber Foto: Website Dinamika Umat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar