Gerakan #AyahBercerita

Kak Ojan Pendongeng #ayahbercerita

Semua orangtua pastinya ingin sekali memberikan pendidikan yang layak untuk anak-anaknya. Untuk itulah banyak orangtua berupaya memasukkan anaknya ke sekolah terbaik bahkan favorit, walaupun biayanya terbilang mahal.

Tidak hanya sampai di situ, memasukkan anak ke lembaga Bimbingan Belajar (BimBel), membelikan perlengkapan sekolah, buku-buku, membelikan sepeda baru, dan banyak hal lain rela dilakukan orangtua untuk memastikan anaknya dapat tumbuh dengan pendidikan yang berkualitas.

Namun, tidak sedikit orangtua yang lupa bahwa pendidikan berkualitas itu sendiri sesungguhnya sangat dekat dengan anaknya. Tidak perlu mencari jauh-jauh, mudah, tidak perlu mengeluarkan biaya, dan sangat menyenangkan.

Pendidikan berkualitas itu adalah: bercerita.

Sudah cukup banyak hasil penelitian psikologi yang dapat kita unduh maupun baca langsung dari internet secara online tentang begitu besarnya manfaat storytelling atau bercerita oleh orangtua kepada anaknya dalam meningkatkan kecerdasan anak, baik kognitif, afektif, juga psikomotorik.

Tidak hanya Ibu. Ayah mempunyai peran yang strategis bagi anak sehingga mendongeng atau bercerita bagi seorang Ayah kepada anaknya sangatlah dianjurkan, jika anak benar-benar hal yang sangat besar bagi dirinya.

#ayahbercerita

Untuk itulah Kak Ojan terlibat aktif dalam Gerakan #ayahbercerita yang diinisiasi oleh GEPPUK (Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan). Melalui Gerakan #ayahbercerita tersebut, para pendongeng berupaya mengedukasi ayah-ayah Indonesia tentang pentingnya bercerita kepada anak, serta berbagi tips dan trik bercerita yang menarik layaknya pendongeng profesional.

Gerakan #ayahbercerita ini dimulai dengan mengajak para ayah mengikuti sharing session di rumah para pendongeng, berupa kelas kecil terdiri dari 5 - 10 orang peserta dan hanya berdurasi sekitar 2 - 3 jam. Para ayah juga bisa membuka kelas sendiri di rumah masing-masing dengan mengajak beberapa orang teman sebagai peserta kemudian menghubungi GEPPUK untuk mengundang salah satu pendongeng sebagai narasumber.

Setelah beberapa kelas dibuka di beberapa rumah pada beberapa bulan lalu, kini sudah lebih dari 100 ayah yang merasakan manfaat Gerakan #ayahbercerita ini. Rencananya GEPPUK akan kembali membuka kelas-kelas baru selepas Idhul Fitri 1436 H (Agustus 2015).

Testimoni Para Peserta #ayahbercerita

Selain sharing session, akan ada banyak rangkaian acara Gerakan #ayahbercerita lainnya dalam upaya mengajak ayah-ayah Indonesia untuk gemar bercerita bagi anak-anaknya. Jadi, tunggu saja!

---

Ayo ayah-ayah Indonesia!
Mari gemar bercerita untuk buah hati tercinta
karena pendidikan berkualitas sungguhlah murah,
mudah, dan sangat dekat dengan putra-putri kita

yaitu...

Ketika ayahnya mulai BERCERITA...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar